Noken (Papua)

Papua, pulau yang terletak paling timur ini memiliki eksotisme yang tiada habisnya.Tempat wisata yang indah dan alami seperti Raja Ampat pun terletak di Papua.Wilayah Papua juga sangat luas, 3 kali lipat wilayah pulau Jawa.Selain menyimpan kekayaan wisata, Papua juga menyimpan kekayaan budaya dan kerajinan tangan.

Salah satunya adalah Noken.Noken, merupakan salah satu kerajinan khas Papua yang berbentuk tas/kantong yang terbuat dari tumbuhan. Biasanya yang diambil adalah kulit kayu, selanjutnya dianyam sehingga menjadi tas yang dapat digunakan sebagai tempat barang.

Mungkin pernah melihat orang Papua sedang membawa semacam tas yang ditarus dikepalanya, itulah yang dinamakan Noken. Mayoritas suku yang ada di Papua, mampu membuat Kerajinan Tangan Noken ini, karena kerajinan ini merupakan salah satu tradisi kerajinan di suku-suku Papua.Biasanya masyarakat Papua menggunakan Noken ini untuk membawa hasil bumi dan buruan.

Kerajinan khas Papua ini termasuk salah satu kerajinan yang menjadi potensi perekonomian di masyarakat Papua.Nilai seni dan estetika kerajinan khas Papua ini telah mengundang banyak wisatawan untuk turut memberdayakan dengan membelinya sebagai oleh-oleh atau suvenir. Noken ini dijual oleh beberapa masyarakat sekitar dengan harga berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000,- untuk satu Noken.

Kerajinan Noken ini adalah salah satu kerajinan khas Papua yang patut dijaga dan dikembangkan. Peran masyarakat dan pemerintah harus sejalan agar kerajinan-kerajinan seperti ini tetap lestari sehingga akan tumbuh generasi-generasi penerus yang akan selalu menjaga kerajinan seperti ini.

sumber : http://www.kerajinan.id/62/noken-kerajinan-khas-papua.html

Tinggalkan komentar